Nonton Film Mulan: Kisah Petarung Wanita Demi Membela Harkat dan Martabatnya

Disney terkenal dengan besutan film-film kartun yang booming sampai menjadi perbincangan di khalayak ramai. Sebut saja Frozen, Aladin, Beauty and The Beast, dan masih banyak lagi. Film-film yang baru saja disebutkan sukses dipasaran. Kali ini, Disney kembali menampilkan cerita lama mereka dan dibuat kembali dalam visualisasi yang lebih tajam dan menjanjikan. Mulan akan diangkat ke layar lebar dalam bentuk live action.

Film Mulan 2020 ini merupakan film live action dari film animasi Disney pada tahun 1998 dengan judul yang sama, yaitu Mulan. Disney telah merilis trailer Mulan yang tayang di Youtube Walt Disney Studio sejak Juli 2019 lalu. Rencananya, Mulai 2020 ini akan tayang bulan Maret 2020 namun karena ada pandemic corona virus, penayangannya di tunda menjadi November 2020.

Review Film Mulan

Mulan pada tokoh fiksi animasi kurang digambarkan sebagai tokoh prajurit wanita tangguh. Kemungkinan karena target penonton berasal dari anak-anak. Namun pada versi live action ini akan disuguhkan sosok tangguh Mulan, yang berani bertarung di medan perang.

Mulan adalah film drama berkisah tentang pertempuran melawan suku Han garapan Niki Caro dengan skenario kolaborasi dari Elizabeth Martin, Lauren Hynek, Rick Jaffa, dan Amanda Silver. Film ini dibintangi oleh Yifei Liu, Donnie Yen, Jason Scott Lee, Yoson An, Gong Li, dan Jet Li sebagai pemeran pendukung.

Kehidupan Mulan bersama Keluarganya

Pada film Mulan (2020) sang penulis mencoba menghadirkan sosok Mulan (Yifei Liu) yang tangguh dan menginspirasi. Namun langsung dimulai dari sosok mulan yang sudah dewasa. Kisah dimulai ketika Mulan bermain kuda di tanah lapang. Selain itu, keseharian Mulan layaknya wanita pada umumnya. Dia belajar menemun yang ditemani oleh ibu dan adiknya. Mulan sudah dewasa sehingga dia juga menggunakan pakaian khas Tiongkok, berdandan, dan rambut diberi penyangga rambut untuk mengikuti tes pengantin. Sang ayah mengatakan pada Mulan bahwa jika sudah berkeluarga dia harus menjaga kehormatan dan mendapatkan kehormatan bagi keluarganya.

Tidak diceritakan secara detail mengenai keahlian Mulan dalam berkelahi. Namun pada saat pertama triller sudah ditampilkan jika MUlan pandai berkuda. Sang ayah juga menceritakan tentang sosok Phoenix, burung merah yang bisa hidup lagi dari abunya. Burung yang dianggap sebagai pelindung kaisar China. Film – film china lainya bisa kalian unduh di Imgroot

Akitivitas Warga Tiongkok

Negara Tingkok yang awalnya tentram tiba-tiba merasa terancam dengan kekuatan musuh yang tak diduga. Berdasarkan mata-mata China aka nada penyerangan dari utara dan sangat tidak seimbang kekuatannya. Hal ini sampai membuat Kaisar ( Jet Lee) memerintahkan untuk merekrut tentara dari warga sipil.

Dikisahkan Mulan mengikuti tes pengantin dan berada di tengah-tengah hiruk pikuk kota. Tiba-tiba datanglah pasukan kaisar sembari menyampaikan pengumuman kerajaan. Pesan itu menyatakan bahwa wilayah mereka akan diserang oleh Suku Han dari utara. Kaisar menitahkan agar satu laki-laki dalam sebuah keluarga harus ikut berperang. Tuan Hua (ayah Mulan) adalah mantan prajurit kerajaan. Dia merasa terpanggil dan diberkahi karena memiliki dua orang putri. Maka dia langsung menghadap pasukan raja untuk menawarkan diri untuk ikut berperang.

Namun keadaan Tuan Hua sedang dalam pemulihan patah tulang kaki. Sehingga ketika dia berada di depan pemimpin pasukan raja, dia terjatuh. Mulan melihat hal itu dan ekspresinya tak bisa ditebak.

Scene beralih pada pasukan Bori Khan (Jason Scott Lee) menyerang ke Cina dengan pasukan berkuda. Mereka mencoba mendobrak tembok pelindung China yang tinggi dan besar. Kemudian diperlihatkan penyihir Xian Liang menyusup ke Cina dan membunuh tentara-tentara China yang sedang berjaga.

Mulan Menggantikan Sang Ayah

Adegan selanjutnya Mulan mengambil pedang andalan ayahnya. Pada malam hari dia bertekat untuk pergi menggantikan posisi sang ayah demi kehormatan ayah dan keluarganya. Ayahnya mengetahui setelahnya dan dia berdoa supaya Phoenix melindungi anaknya.

Tidak diceritakan secara detail bagaimana Mulan jago berkelahi. Beberapa adegan hanya memperlihatkan Mulan berlatih pernafasan, main pedang, dan berkuda. Ia juga menjadi salah satu orang yang disegani masyarakat, termasuk teman sebayanya karena keterampilannya itu.

Film ini beralur lambat dengan focus pada perjalanan Mulan menjadi seorang prajurit. Di dalam film juga disampaikan dialog berisi petuah bijak dan ilustrasi loyalitas orang jaman dahulu kepada negaranya. Cuplikan proses boot camp untuk membentuk prajurit, penyamaran Mulan yang ketahuan oleh Komandan Tung namun ia mampu menyakinkan bahwa ia mampu berperan, hingga dia bertarung melawan penyihir Xian Liang (Li Gong) tanpa wujud penyamarannya.

Jika dilihat dari trailer, Mulan bukan mengincar pemimpin pasukan utara Bori Khan, tapi dia lebih mengincar teman Bori Khan si penyihir Xian Liang. Adegan laga yang dibumbui dengan aksi sihir yang dilakukan oleh Xian Liang. Kekuatan Phoenix juga belum diperlihatkan. Bagaimana cara phoenix melindungi Mulan?

Mulan (2020) kemungkinan mendapatkan rating PG-13 atau boleh ditonton oleh anak di atas usia 13 tahun. Rating itu diberikan oleh Motion Picture Association of Amerika disebabkan terdapat banyak adegan perkelahian, kekerasan, serta sihir.

Setting dan Penokohan

Setting waktu diambil saat zaman kekaisaran China dengan karakteristika sosok pria berambut panjang dengan rambut dikuncir. Beberapa karakter juga diberikan ciri khas kostum sehingga penonton bisa membedakan setiap tokohnya.

Masing-masing karakter dalam cerita ini sangat kuat. Bori Khan dan tangan kanannya Xian Liang mampu menjadi karakter antagonis murni yang tak bermuka dua. Ada pula Komandan Tung (Donnie Yen) sosok komandan yang mampu berpikir jernih dan bijaksana.

Sinematografi

Visualisasi utama yang disuguhkan dalam sosok Mulan tentunya sosok yang menginspirasi baik dalam keteguhan hati, membela kehormatan keluarga, serta kemampuan dalam melakukan aksi bela diri. Aksi Mulan banyak tersaji melalui pertempuran di medan perang. Cukup menarik dengan kobaran semangat dan kemegahan arena perangnya.

Film ini sebagian besar berlatar tempat pada arena perang, aksi pertempuran, dan adanya sihir yang dilontarkan oleh pihak musuh. Dalam pengambilan gambarnya juga tak terlalu banyak efek sinematografi khas Hollywood dengan CGI yang berlebihan. Jadi kelihatan natural serta disuguhi pemandangan alam yang elok dimana tempat film itu dibuat. Sungguh, ini membuat para penonton berdecak kagum sendiri. Menurut kabar, lokasi pengambilan gambarnya sendiri dilakukan di Zew Zealand.

Untuk scoring dan efek suara tidak terlalu menonjol dalam film ini. Penonton akan dibuat fokus dengan dialog bijak dibandingkan bunyi efeknya. Secara pribadi, lebih menyukai model yang seperti ini. Apa yang ingin disampaikan oleh film bisa mudah ditangkap oleh penonton. Tanpa berlebihan dalam efek suaranya.

Dukungan aktor besar ahli silat sangat terasa pada film ini, seperti Jet Lee. Nah untuk kalian, yang sudah tidak sabar menunggu film Mulan rilis harap bersabar. Tinggal menunggu beberapa bulan lagi. Disney sudah berencana menayangkan di layar bioskop mulai bulan November.

Jika kamu suka nonton film online. Kamu bisa tunggu film Mulan (2020) tayang di moviegan disana kamu bisa download film dengan berbagai kualitas, mulai dari 480p, hingga 2K. Keren kan.